'PSAK 62 Tidak Turunkan RBC Industri Asuransi'

Written By Unknown on Jumat, 26 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Bapepam-LK menyanggah pendapat Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) yang menyatakan PSAK 62 bisa menurunkan RBC (Risk Base Capital) perusahaan.

"Tidak tepat ada penurunan RBC, meskipun dihitung dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintah)" ujar Kabiro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata kepada INILAH.COM baru-baru ini.

Sebelumnya, RBC di industri asuransi ini dilakukan dengan menggunakan SAK (Standar Akuntansi Keuangan), di mana perhitungan cadangan teknisnya dengan metode gross premium valuation, dan untuk perhitungan kewajiban pemegang polis (liability) juga dengan metode gross premium reserve. Sementara, dengan aturan yang baru (menggunakan SAP), RBC dihitung dengan metode net premium.

Menurut Isa, sebenarnya industri bisa menyiasatinya dengan mengajust SAP sembari memperhatikan SAK. "Misalnya liability, kan tinggal kita bagaimana SAP diajust dengan memperhatikan SAK yang dihitung gross. Tapi di sisi aktiva kan ada aset reasuransi yang bisa diperhitungkan. Jadi seolah-olah perhitungan RBC-nya dengan SAK," kata Isa.

Namun, AAUI mengeluhkan belum adanya pedoman teknis yang mengatur perhitungan aset reasuransi secara bruto.

Menanggapi hal tersebut, Isa berkomentar, itu terjadi hanya karena industri kesulitan dalam mencari orang yang bisa menghitung dengan SAP. "Kalau saya lihat, mereka (AAUI) sulit untuk mencari orang yang bisa menghitung gross premium tersebut," katanya.

AAUI meminta regulator untuk menunda penerapan PSAK 62 dengan salah satu alasannya aturan tersebut bisa menggerus modal perusahaan (RBC) hingga 20%. Akibatnya, dikhawatirkan beberapa industri bisa terkena Pembatasan Kegiatan Usaha karena tidak memenuhi persyaratan modal minimum yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap industri perasuransian. [ast]


Anda sedang membaca artikel tentang

'PSAK 62 Tidak Turunkan RBC Industri Asuransi'

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/psak-62-tidak-turunkan-rbc-industri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

'PSAK 62 Tidak Turunkan RBC Industri Asuransi'

namun jangan lupa untuk meletakkan link

'PSAK 62 Tidak Turunkan RBC Industri Asuransi'

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger