Awal 2013, Dana Pensiun Bebas Pilih Obligasi

Written By Unknown on Jumat, 12 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Pada awal 2013, Lembaga Dana Pensiun tidak lagi dibatasi untuk berinvestasi hanya di obligasi berperingkat minimal single A.

"Sedang kita kaji untuk merevisi PMK-nya. Saat ini kita lagi membetuk Forum Group Discussion (FGD) yang akan kita laporkan ke Ketua Bapepam-LK untuk dilakukan revisi. Mudah-mudahan awal tahun depan revisi ini bisa tuntas," ujar Dumoly F. Pardede, Kepala Biro Dana Pensiun Bapepam-LK.

Menurutnya, dalam revisi aturan itu nantinya akan diatur standar minimal peringkat obligasi yang bisa diserap Dapen nantinya. Dia menyampaikan regulator tidak akan lagi memandang peringkat sebagai satu-satunya batasan investasi pada obligasi, tetapi lebih pada kondisi likuiditas dari surat utang tersebut.

Sebelumnya dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK.010/2008 tentang Investasi Dapen mengharuskan Dapen hanya boleh menyerap obligasi atau surat utang dengan peringkat minimal single A.

Selain itu, Bapepam-LK juga tengah membentuk Dewan Pengawas Risk Management dan Ketaatan, serta dalam proses mengadopsi sistem keuangan internasional (IFRS).

Per Agustus 2012, dana kelolaan dapen mencapai Rp147 triliun (unaudited) dengan performance investasi mencapai 13%. Adapun penempatan investasi saat ini masih terbesar di deposito dan obligasi yang masing-masing mencapai 30% dari total dana investasi. Sementara sisanya ditempatkan di saham, reksadana, penyertaan langsung. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Awal 2013, Dana Pensiun Bebas Pilih Obligasi

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/awal-2013-dana-pensiun-bebas-pilih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Awal 2013, Dana Pensiun Bebas Pilih Obligasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Awal 2013, Dana Pensiun Bebas Pilih Obligasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger