DPR Setujui Privatisasi 3 BUMN

Written By Unknown on Kamis, 25 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Komisi XI DPR menyetujui privatisasi tiga BUMN, yaitu PT Sarana Karya, PT Primisima, dan PT Kertas Padalarang.

Persetujuan privatisasi ini dilakukan Komisi IX DPR dalam rapat dengan Menteri Keuangan pada Rabu (24/10/2012) malam.

Menurut Agus Martowardojo, ketiga perusahaan BUMN ini perlu diprivatisasi mengingat kondisi kinerjanya yang sangat buruk dan permodalan yang sudah negatif. Selain itu, ketiga BUMN ini juga kalah saing dengan perusahaan lain yang menjalankan bisnis sejenis.

"Karenanya, kami mendukung rencana Kementerian BUMN untuk melakukan privatisasi terhadap ketiga BUMN ini dalam bentuk divestasi," ujarnya.

PT Sarana Karya disepakati, saham negara yang akan dilepas 100% dan dilakukan divestasi dengan sistem strategic sale, di mana calon investornya berasal dari BUMN lain, dalam hal ini Wijaya Karya.

"Kami melihat perusahaan dalam lima tahun teralhir memiliki ekuitas yang negatif dan tiga tahun terakhir modal minus, pangsa pasar terbatas, serta memiliki SDM yang terbatas," ucapnya.

Sementara PT Primisima, saham negara yang akan dilepas sebesar 52,79%, juga melalui sistem strategic sale, di mana calon investornya berasal dari pemegang saham lain, dalam hal ini GKBI Investment.

"Kondisi mesin perusahaan sudah tua, butuh perbaikan dan investasi mesin baru. Perusahaan juga sering terlambat dalam penyediaan kapas, eskpor menurun, margin dan ekuitas negatif dalam tiga tahun terakhir, dan rugi selama 2006-2009," tutur Menkeu.

Sedang untuk PT Primisima, DPR setuju dilakukan divestasi saham negara sebesar 7,74%, di mana calon investornya dari BUMN lain, yakni Perum Peruri.

Masalah PT Primisima kurang lebih sama, yakni kondisi mesin perusahaan sudah tua, perlu tambahan modal, penjualan menurun karena banyak swasta lain yang melakukan bisnis yang sama, serta marjin negatif.

"Sejak 2011 perusahaan baru bisa mencatatkan laba setelah masuknya Peruri," kata Agus Marto. [ast]


Anda sedang membaca artikel tentang

DPR Setujui Privatisasi 3 BUMN

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/dpr-setujui-privatisasi-3-bumn.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DPR Setujui Privatisasi 3 BUMN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DPR Setujui Privatisasi 3 BUMN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger