Inilah Saran Bank Dunia Untuk Serap Tenaga Kerja

Written By Unknown on Kamis, 11 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Bank Dunia menyarankan Indonesia mempermudah investasi sektor manufaktur untuk menyerap banyak tenaga kerja.

Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Stefan Koberle, menilai Indonesia berpeluang meningkatkan jutaan peluang kerja baru. "Namun tidak cukup untuk sekedar mengandalkan permintaan domestik dan international," katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (10/10/2012).

Menurut Bank Dunia, sejak krisis keuangan melanda Asia, sejumlah masalah makro melemahkan pertumbuhan sektor manufaktur Indonesia. Diantara apresiasi rupiah, naiknya upah buruh relatif, pergeseran fokus perdagangan ke komoditas dan sektor-sektor berbasis sumber daya . Akibatnya, persaingan international dan pengetatan margin keuntungan. Pertumbuhan produktivitas pun tidak sekuat negara-negara pesaing.

Sementara, masalah mikro bagi perusahaan-perusahaan Indonesia termasuk biaya transportasi dan logistik tinggi, sulitnya mengakses pinjaman bank, serta kurangnya transparansi dan kepastian hukum.

"Masalah-masalah tersebut menyulitkan pendatang baru untuk membangun usaha dan mempersulit upaya pemain lama untuk melakukan ekspansi," katanya.

Sementara Ekonom Senior Bank Dunia, Sjamsu Rahardja, mengatakan sektor manufaktur juga berpotensi maju dan tumbuh secara berkelanjutan. Caranya dengan kebijakan untuk meningkatkan nilai berbasis daya saing.

"Masalah makro dan mikro di sektor manufaktur bisa diatasi dengan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan daya saing biaya dan mengurangi biaya peluang," kata Sjamsu.

Kendati demikian Bank Dunia menilai Indonesia memiliki peluang karena adanya konsumsi domestik yang meningkat tajam. Apalagi investasi yang juga mengalami peningkatan. Sebab, banyak investor asing yang mulai melirik Indonesia karena potensi kelas menengahnya yang begitu besar dan upah buruh yang lebih kompetitif. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah Saran Bank Dunia Untuk Serap Tenaga Kerja

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/inilah-saran-bank-dunia-untuk-serap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah Saran Bank Dunia Untuk Serap Tenaga Kerja

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah Saran Bank Dunia Untuk Serap Tenaga Kerja

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger