Kenaikan Harga BBM Tetap Seizin DPR

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Pemerhati kebijakan publik, Agus Pambagio mengungkapkan tahun depan pemerintah harus menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Untuk tahun ini memang tidak bisa menaikkan harga BBM karena ada undang-undang APBN," katanya saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (23/10/2012).

Menurutnya, anggaran subsidi energi sebesar 20% lebih dari APBN merupakan keputusan yang tidak efisien. "Ini jelas gak efektif dan harusnya dialihkan yang lebih bermanfaat," ucapnya.

Namun kenaikan BBM, katanya, tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, seperti yang dikatakan Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang bisa menaikan BBM tampa persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Kenaikan BBM tetap harus melalui keputusan DPR, tidak bisa langsung dilakukan pemerintah sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, pemerintah harus lebih memperhatikan infrastruktur karena bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. "Anggaran subsidi dialihkan ke infrastruktur, ini sangat meningkatkan ekonomi masyarakat, mereka bisa bekerja dan menghasilkan pendapatan yang lebih. Selain itu bisa dialihkan ke subsidi langsung, seperti ke tiket kereta, jadi harga bisa lebih murah," katanya.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo kemarin mengklaim dapat menaikkan harga BBM bersubsidi tanpa memerlukan persetujuan DPR, dengan adanya pasal 8 ayat 10 dalam UU APBN 2013.

"Pasal 8 ayat 10 memang isinya memberi kewenangan untuk melakukan penyesuaian harga energi, apabila asumsi makro ataupun parameter yang ada di APBN terjadi perubahan," kata Menkeu di DPR.

Pasal 8 ayat 10 UU APBN 2013 menyatakan belanja subsidi sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 dan ayat 2 dapat disesuaikan dengan kebutuhan realisasi pada tahun anggaran berjalan untuk mengantisipasi deviasi realisasi asumsi makro, dan/atau perubahan parameter subsidi, berdasarkan kemampuan keuangan negara. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Kenaikan Harga BBM Tetap Seizin DPR

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/kenaikan-harga-bbm-tetap-seizin-dpr.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kenaikan Harga BBM Tetap Seizin DPR

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kenaikan Harga BBM Tetap Seizin DPR

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger