Pailit, Telkomsel Bayar Kurator Rp1 Triliun

Written By Unknown on Selasa, 09 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Gara-gara diputus pailit, PT Telkomsel Tbk (Telkomsel), berpotensi merugikan negara. Karena, Telkomsel diwajibkan membayar biaya kurator sebesar Rp1 triliun.

Anggota Komisi VI asal Golkar, Lili Asdjudiredja mengatakan rencana pemanggilan Telkomsel dan PT Telkom Tbk. "Komisi VI akan agendakan pertemuan dengan direksi dan komisaris Telkomsel. Demikian pula PT Telkom akan kita panggil," ungkapnya kepada INILAH.COM, Senin (8/10/2012).

Dikatakan Lili, putusan pailit Telkomsel cukup berdampak khususnya bagi eksistensi anggaran 2013. Dalam APBN 2013, target setoran BUMN ditetapkan Rp32 triliun. "Kalau Telkomsel wajib mengeluarkan dana Rp1 triliun untuk kurator, tentu ada dampaknya. Target setoran BUMN bisa meleset," jelasnya.

Dalam kasus ini, lanjutnya, direksi dan komisaris Telkomsel harus bertanggung jawab. Dalam UU Perseroan Terbatas, direksi dan komisaris yang menyebabkan perusahaan pailit, layak diganti atau mengundurkan diri. "Makanya kita akan dalami kasus ini," tuturnya.

Kasus ini bermula pada 21 Juni 2012, Telkomsel menghentikan kontrak secara sepihak, sehingga merugikan distributor voucher isi ulang Kartu Prima (PT Prima Jaya Informatika), senilai Rp5,3 miliar. Padahal, kerjasama antara Telkomsel dengan PT Prima disepakati sejak 1 Juni 2011 sampai Juni 2013.

Akibatnya, PT Prima menanggung kerugian Rp5,3 miliar. Selanjutnya, PT Prima mengajukan gugatan pailit ke Pengadilan Niaga, Jakarta Pusat.

Pada 14 September, Majelis Hakim PN Jakpus yang dipimpin Agus Iskandar memutuskan Telkomsel pailit atas permohonan PT Prima. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Pailit, Telkomsel Bayar Kurator Rp1 Triliun

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/pailit-telkomsel-bayar-kurator-rp1.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pailit, Telkomsel Bayar Kurator Rp1 Triliun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pailit, Telkomsel Bayar Kurator Rp1 Triliun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger