Said Didu : Pengusaha yang Baik, Jauhi BUMN

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta – Mantan sekretaris Menteri Kementerian BUMN Muhammad Said Didu mengatakan, pengusaha swasta yang baik adalah pengusaha yang tidak mau bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negera (BUMN).

"Pengusaha yang bekerja sama dengan BUMN akan menghadapi berbagai hukum ke depannya. Jadi betul sekali jika tidak mau," katanya saat dihubungi INILAH.COM, Jakarta, Sabtu (20/10/2012).

Menurutnya, pihak swasta yang bekerja sama dengan perusahaan berpelat merah, memang nantinya akan terkena audit terkait laporan keuangannya oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sehingga hal ini, yang menyebabkan para pengusaha swasta enggan bermitra dengan BUMN.

Said mengungkapkan lebih lanjut, ada dua dasar hukum yang menjadi pemicu mengapa pihak swasta menghindari kerja sama dengan BUMN. "Landasan hukum pengelolaan BUMN terikat dengan aset negera dan tindakan pidana, jika ada pelanggaran terhadap aset negara tersebut," tuturnya.

Menurutnya, kedua landasan tersebut berbeda dengan swasta yang hanya punya undang-undang perseroan terbatas. "Tapi saya berharap pengusaha swasta lebih banyak bekerjasama dengan adanya kepusan MK (Mahkamah Konstitusi) terkait BUMN, pada tiga minggu yang lalu. Ya, semoga ini menjadi pintu masuk untuk pengusaha swasta dalam bermitra," katanya.

Kerja sama yang terjadi saat ini tidak berdampak banyak terhadap perekonomian dalam negeri dan bahkan pihak swasta hanya untuk melancarkan tujuan usahanya. "Kerja sama yang sekarang kan hanya suplayer saja, tidak investasi. Harusnya ini benar-benar bermitra. Swasta juga terkadang hanya menjadikan BUMN sebagai kendaraanya mereka saja untuk memperoleh keuntungan," ucap Said. [ast]


Anda sedang membaca artikel tentang

Said Didu : Pengusaha yang Baik, Jauhi BUMN

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/said-didu-pengusaha-yang-baik-jauhi-bumn.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Said Didu : Pengusaha yang Baik, Jauhi BUMN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Said Didu : Pengusaha yang Baik, Jauhi BUMN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger