Dua Pendaki Tersesat di Gunung Gede

Written By Unknown on Kamis, 08 November 2012 | 11.24

INILAH.COM, Sukabumi - Hanya sekitar tiga jam dari laporan, dua pendaki gunung yang tersesat di kawasan hutan Gunung Gede, Rabu (7/11/2012) berhasil diselamatkan oleh anggota Volunteer Panthera dan seorang petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Bidang Sukabumi.

Dua pengunjung TNGGP itu merupakan bagian dari empat orang yang mendaki Gunung Gede melalui jalur Gunung Putri Kabupaten Cianjur, Selasa (6/11/2012) dan turun melalui jalur Selabintana Desa Perbawati Kecamatan/Kabupaten Sukabumi.

Dua orang yang sempat tersesat yakni Alicia Yulianti atau dipanggil Fatia dan Dedi Agustian. Sedangkan dua pendaki lainnya yang selamat tiba di Kantor Resort Selabintana yakni Arif Syarifudin dan Halida Fadila. Mereka semuanya berasal dari wilayah Kabupaten Bogor.

Saat ditemukan, sekitar pukul 21.30 WIB keduanya sedang dalam keadaan kelelahan dan kedinginan di sekitar lereng Blok Baru Benteng di sekitar jalur ilegal Perbawati.

Terutama kondisi Fatia yang mulai ngedrop karena selama perjalanan turun, kakinya sudah kelelahan. Belum lagi keduanya sudah kehabisan bekal makanan dan minuman.

''Mereka dapat ditemukan setelah saya dan Pak Mulyono berteriak-teriak memanggil nama keduanya dan mendapatkan jawaban. Lalu kami menuju arah sahutan dan ternyata benar kedua orang yang sedang kami cari dan selamatkan,'' kata Ligar Sonagar dari Volunteer Panthera kepada INILAH.COM, Rabu (7/11/2012) malam.

Sementara Alicia Yulianti mengakui setelah terpisah dengan dua temannya menemukan banyak jalan setapak yang akhirnya buntu. Hingga akhirnya perjalanan dihentikan setelah mulai gelap.

''Saya sempat mendengar suara Adzan Magrib. Namu karena sudah gelap dan jalurnya sulit kami akhirnya memutuskan untuk berdiam saja,'' aku Alicia yang juga mengaku tubuhnya sempat banyak digigit pacet.

Keterangan yang dihimpun INILAH.COM dua orang yang tersesat itu berawal dari terpisahnya dengan dua anggota tim lainnya saat perjalanan turun menuju pintu keluar di Kantor Resort Selabintana.

Keduanya terpisah sejak pukul 15.00 WIB di sekitar Blok Cigeber. Sedangkan dua orang lainnya tiba di pintu gerbang Resor Selabintana sekitar pukul 18.30 WIB.

Mengenai dua temannya yang terpisah, Arif langsung melaporkan ke petugas Balai Besar TNGGP di Kantor Resor Selabintana. Laporan diterima anggota Volunteer Panthera dan seorang petugas Balai Besar TNGGP Bidang Sukabumi Mulyono yang kebetulan sedang mengantarkan rombongan pengunjung dari Surabaya.

Setelah menerima laporan, keduanya Ligar Sonagar dan Mulyono langsung berangkat menuju batas hutan di sekitar Blok Baru Benteng. Sedangkan di Kantor Resort Selabintana hanya terdapat dua anggota Volunteer Panthera lainnya, Firmansyah dan Sandi.

Kedua sukarelawan ini bertugas melakukan koordinasi dengan tim yang sedang mencari di tengah hutan dan para anggota Volunteer Panthera lainnya yang siap melakukan pencarian. Juga melakukan koordinasi dengan para petugas Balai Besar TNGGP Resort Selabintana.[ito]


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Pendaki Tersesat di Gunung Gede

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/11/dua-pendaki-tersesat-di-gunung-gede.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Pendaki Tersesat di Gunung Gede

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Pendaki Tersesat di Gunung Gede

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger