AS Klaim Ekonomi Tumbuh dan Serap Pengangguran

Written By Unknown on Minggu, 14 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Tokyo - Pemerinah AS mengklaim telah mulai menuai hasil dalam menerapkan anggaran berimbang. Buktinya, meski defisit anggaran masih US$1 triliun lebih tetapi terjadi pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Klaim tersebut disampaikan Menkeu AS, Timothy Geithner dalam pertemuan IMF dan Bank Dunia di Tokyo, Sabtu (13/10/2012). "Adalah penting bahwa kita di Amerika Serikat memberlakukan kerangka yang seimbang untuk menurunkan defisit fiskal dan utang selama beberapa tahun, sambil terus memberikan dukungan untuk pekerjaan dan pertumbuhan dalam jangka pendek," kata Geithner seperti dikutip dari yahoofinance.com.

Pada Jumat kemarin, Departemen Keuangan AS merilis angka defisit anggaran tahun 2012 mencapai US$1,1 triliun. Anggaran AS juga diwarnai dengan kenaikan pajak hingga 6,4 persen. Hal ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lebih kuat sehingga dapat mengendalikan defisit.

Data Departemen Tenaga Kerja AS menyebutkan, pengangguran AS turun menjadi 7,8 persen di bulan September. Hal ini untuk pertama kalinya berada di bawah 8 persen dalam empat tahun terakhir.

Cerita Timothy tersebut sepertinya sejalan dengan tujuan pertemuan yang diadakan di Tokyo kali ini. Sebab IMF dan Bank Dunia sangat menekankan supaya setiap pemerintahan jangan mengorbankan pertumbuhan demi penghematan. Kalaupun harus menambah utang pemerintah maka harus digunakan untuk membantu kelompok pengangguran mendapatkan pekerjaan lagi.

Menurut Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde, pengelolaan anggaran merupakan sebuah teka-teki bagi pembuat kebijakan. Apalagi dalam kondisi pertummbuhan ekonomi yang cenderung melambat. Bahkan di kawasan Asia yang selama ini cukup dinamis.

"Satu pelajaran dari sejarah. Mengurangi utang publik sangat sulit. Pada gilirannya sangat sulit mendapatkan pertumbuhan. Ini akan menjadi jalan panjang," katanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

AS Klaim Ekonomi Tumbuh dan Serap Pengangguran

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/as-klaim-ekonomi-tumbuh-dan-serap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

AS Klaim Ekonomi Tumbuh dan Serap Pengangguran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

AS Klaim Ekonomi Tumbuh dan Serap Pengangguran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger