Bikin Buku Tanpa Modal

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta-Tidak semua penulis muda atau pemula bisa menerbitkan bukunya melalui penerbitan besar (major) atau mainstream karena setiap penerbit kerapkali memiliki pertimbangan yang ketat dalam menyeleksi naskahnya.

Namun kini berkembang sistem penerbitan dengan mengusung konsep print on demand (POD) yang memberikan kesempatan bagi siapa pun bisa memiliki buku tanpa melalui seleksi ketat penerbit, bahkan tanpa modal sekalipun.

Ebook Developer, Fuzie Septika, di penerbit Mizan Publishing mengungkapkan kini konsep penerbitan print on demand pun dilirik perusahaan besar seperti Penerbit Mizan. Yaitu lini penerbitan di mana seseorang bisa menerbitkan bukunya sendiri dengan fasilitas brand Mizan.

"Kita di sini mengusung konsep self publishing dengan sistem print on demand atau POD, jadi ini sebuah strategi mefasilitasi penulis-penulis baru untuk bisa menerbitkan bukunya sekaligus memasarkannya sendiri tanpa modal sedikit pun alias gratis," ujarnya saat ditemui di kantor Mizan Digital Publishing di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2012).

Penerbit yang berkantor pusat di Bandung ini melihat peluang penerbitan selfpublishing sebagai strategi bisnis jangka panjang, karena konsep ini diakuinya belum banyak berkontribusi signifikan sejak dibentuknya akhir 2010 lalu.

"Kita mulai menggagas self publishing sejak Oktober 2010 dan terus terang secara keuntungan memang masih belum signifikan, namun demikian perusahaan melihat ini peluang jangka panjang yang harus diambil," ungkapnya.

Seperti diketahui saat ini banyak kelompok-kelompok kreatifitas atau komunitas kreatif anak muda yang sering menerbitkan sendiri buku-buku karangan mereka sendiri dengan tidak melalui jalur formal atau disebut indie. Namun resikonya mereka kerapkali harus mengumpulkan dana besar untuk mewujudkan mimpinya memiliki buku.

Hal inilah yang dibaca Penerbit Mizan sebagai peluan untuk mengembangkan lini segmen self publishing yang terbentur masalah pendanaan atau perkara teknis menerbitkan buku.

"Salah satu keistimewaan kita adalah dengan tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Penulis hanya punya naskah lalu memasukaannya melalui fasilitas mizan online yang kita miliki, setelah itu buku mereka bisa terbit," jelasnya.

Teknisnya, buku tersebut bisa dicetak jika ada pembeli yang ingin memiliki buku si penulis, dan penulis sendiri yang berkontribusi memasarkannya atau pun promosi.

"Dengan begitu sistim POD ini tidak seperti penerbit konvensional yang harus mencetak sampai 3000 eksemplar untuk menerbitkan buku," kata Fusie.

Ia menuturkan hingga kini sudah ada 50 buku yang sidah diterbitkan secara selfpublishing oleh Mizan. Dan sistem keuntungan yang didapat Mizan adalah 40% dari harga jual yang didapat si penulis.

Selain itu buku karya penulis yang ditrerbitkan melalui jasa self publishing Mizan juga bisa diterbitkan penerbit besar jika memang ada penerbit besar yang melirik.

"Apalagi sudah dikemas dalam bentuk buku, biasanya penerbit besar juga suka berubah pikiran dan selera, terlebih lagi kalau buku itu laris manis, kita tidak masalah melepas buku itu jika memang ada penerbit lain yang berminat," ungkapnya. [ast]


Anda sedang membaca artikel tentang

Bikin Buku Tanpa Modal

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/bikin-buku-tanpa-modal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bikin Buku Tanpa Modal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bikin Buku Tanpa Modal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger