Efisiensi Biaya Produksi, PTBA Bentuk Anak Usaha

Written By Unknown on Senin, 29 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi, PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) membentuk sebuah anak perusahaan patungan bernama PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP), untuk pembangunan PLTU Mulut Tambang 2x620 mega watt (Sumsel 8) di Ranko Tengah, Tanjung Enim, Sumatera Selatan.


Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan PTBA, Joko Pramono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senen (29/10/2012). "Pembentukannya pada September lalu, PTBA memiliki 45% sahamnya pada anak perusahaan ini," kata Joko.

Menurut Joko, anak perusahaan yang baru sebulan dibentuk tersebut telah menandatangani perjanjian pasokan batubara (CSA) sebagai pemasok tunggal bahan bakar batubaranya sebesar 5,4 juta ton sampai dengan 6 juta ton per tahunnya untuk masa 25 tahun. Selanjutnya, untuk energi yang dihasilkan PT HBAP juga sudah menandatangani perjanjian jual beli listrik (PPA) dengan PT PLN (Persero) untuk masa 25 tahun pada tanggal 17 September 2012.

"Proyek PLTU senilai US$ 1,59 miliar ini akan mulai pembangunan konstruksi (EPC) tahun 2013, guna mengejar target beroperasinya pada tahun 2017 mendatang," kata Joko.


Selain membentuk anak usaha, perseroan juga melakukaan penandatangan Joint Development Agreement (JDA) bersama PT PLN dan Tenaga Nasional Behard dari Malaysia untuk pembangunan PLTU Mulut Tambang dengan kapasitas 800 MW-1.200 MW di Peranap, Indragiri Hulu, Riau yang merupakan wilayah ijin usaha pertambangan PTBA.

"Kebutuhan batubaranya diambil dari lokasi tambang Peranap yang jumlahnya bisa mencapai 8,4 juta ton pertahun. Sedangkan energi listriknya sebagian didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan listrik domestik dan sebagiannya lagi diekspor melalui kabel bawah laut ke Malaysia," kata Joko.

Sebagai tindak lanjut dari JDA, dalam waktu dekat akan dibentuk tiga perusahaan, masing-masing untuk pembangunaan batubara, pembangunan pembangkit listrik dan untuk pembangunan jaringan interkoneksi. "Proyek ini kita targetkan beroperasi komersial pada tahun 2018," ujar Joko.


Joko menambahkan, melalui konsorsium PT Bukit Pembangkit Innovative (BPI), PTBA membangun PLTU Banjarsari 2x110 MW di Lahat, Sumatera Selatan. Pembangunan konstruksinyaa dimulai akhir Juli 2011, saat ini progersnya sudah mencapai 45%. Dengan kepemilikan saham PTBA sebesar 59,75%, ditargetkan pada 2014 mendatang PLTU ini sudah mulai beroperasi. Selain itu PTBA juga merupakaan pemasok tunggal bahan bakar batubaranya 15 juta ton per tahun. [mel]


Anda sedang membaca artikel tentang

Efisiensi Biaya Produksi, PTBA Bentuk Anak Usaha

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/efisiensi-biaya-produksi-ptba-bentuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Efisiensi Biaya Produksi, PTBA Bentuk Anak Usaha

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Efisiensi Biaya Produksi, PTBA Bentuk Anak Usaha

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger