Ekonomi Asia Timur dan Pasifik akan Bangkit 2013

Written By Unknown on Senin, 08 Oktober 2012 | 11.24

Asia Timur dan Pacific Economic Data Monitor:

INILAH.COM, Singapura – Bank Dunia menyatakan, pertumbuhan melambat di Asia Timur dan Pasifik pada 2012, namun permintaan domestik akan memainkan peran kunci dalam rebound tahun depan.

Pertumbuhan China akan melambat menjadi 7,7% pada 2012 namun pulih menjadi 8,1% tahun depan.

Pertumbuhan ekonomi di Asia Timur dan Pasifik akan melambat dari 8,2% pada 2011 menjadi 7,2% tahun ini, sebelum pulih menjadi 7,6% pada 2013.

Sedangkan pertumbuhan di negara maju akan tetap moderat, dengan pemulihan kawasan akan didorong terutama oleh permintaan domestik yang kuat di negara berkembang. Demikian menurut Bank Dunia dalam pengawasan ekonomi Asia Timur dan Pasifik, dalam data yang dirilis Senin (8/10/2012).

Laporan tersebut mengatakan bahwa ekspor yang lemah dan pertumbuhan investasi yang lebih rendah, akan mengurangi pertumbuhan PDB China dari 9,2% pada 2011 menjadi 7,7% tahun ini.

Pada 2013, pertumbuhan China diperkirakan akan pulih menjadi 8,1% sebagai dampak dari langkah-langkah stimulus, didukung lebih lanjut oleh peningkatan tipis dalam perdagangan global.

Presiden Kelompok Bank Dunia, Jim Yong Kim mengatakan, bagian wilayah Asia Timur dan Pasifik dalam ekonomi global telah meningkat tiga kali lipat dalam dua dekade terakhir, dari 6% menjadi hampir 18% saat ini, "Ini menegaskan pentingnya pertumbuhan yang berkelanjutan di kawasan ini untuk seluruh dunia," katanya.

Sedangkan Pamela Cox, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik menilai, dalam keadaan global yang sulit, kemiskinan di kawasan ini akan terus turun, dengan pangsa orang yang hidup dengan US$ 2 per hari, diperkirakan akan mencapai 24,5% pada akhir 2013, turun dari 28,8% pada 2010

"Permintaan yang melemah untuk ekspor Asia Timur memperlambat perekonomian regional, tapi masih tumbuh kuat dibandingkan bagian lain dunia. Sementara berkembangnya permintaan domestik akan memungkinkan perekonomian daerah untuk bangkit kembali menjadi 7,6% tahun depan."

Laporan tersebut mengutip pengeluaran rekonstruksi di Thailand setelah banjir tahun lalu sebagai salah satu faktor pendukung permintaan domestik di wilayah tersebut.

Selain itu, negara-negara seperti Indonesia, bersama dengan Thailand dan Malaysia, akan menikmati booming dalam pengeluaran pemerintah dan sektor swasta, pada barang modal. [ast]


Anda sedang membaca artikel tentang

Ekonomi Asia Timur dan Pasifik akan Bangkit 2013

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/ekonomi-asia-timur-dan-pasifik-akan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ekonomi Asia Timur dan Pasifik akan Bangkit 2013

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ekonomi Asia Timur dan Pasifik akan Bangkit 2013

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger