Harga Bahan Makanan Stabil, Inflasi Oktober Tetap

Written By Unknown on Minggu, 28 Oktober 2012 | 11.24

INILAH.COM, Jakarta - Tingkat inflasi bulan Oktober 2012 diprediksi tidak akan mengalami koreksi karena harga-harga bahan makanan yang masih dalam kisaran stabil.

Selain itu siklus tahunan pascalebaran Idul Fitri dua bulan lalu masih berimbas pada rendahnya inflasi. Saat itu masyarakat mengalami konsumsi besar-besaran masyarakat dan harga yang melonjak tajam.

"Kita bisa lihat setalah lebaran idul fitri ya secara siklus tingkat inflasi bulan Oktober tidak akan terkoreksi, masih akan di kisaran 0,1% atau 0,2% karena harga 26 bahan makanan masih normal, paling hanya cabai saja berdasarkan data Kemendag yang mengalam kenaikan," ujar Ekonomi BCA, David Sumual kepada INILAH.COM di Jakarta, Sabtu (27/10/2012).

Naiknya harga cabai pun, menurutnya lebih disebabkan karena pengaruh distribusi di lapangan. Dengan demikian tidak ada sentimen negatif pun yang mempengaruhi adanya koreksi tingkat inflasi di bulan Oktober.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan hingga 24 Oktober 2012, harga cabai keriting merah memang melonjak signifikan dari Rp20.343 menjadi Rp22.854. Sedangkan cabai merah dari Rp20.240 menjadi Rp21.902 per kilo.

"Selain itu harga komoditas juga sama ya masih relatif stabil, setidaknya di bulan Oktober ini, namun dua bulan jelang akhir tahun (November-Desember) inflasi akan tinggi kembali karena tingkat konsumsi jelang akhir tahun," ujarnya.

Dari segi pergerakan kurs rupiah, David pun memastikan pergerakan rupiah tidak akan mempengaruhi inflasi. Ia melihat meski rupiah tertekan namun kecenderungan bergerak yang relatif stabil tidak akan menyebabkan naiknya harga-harga.

"Rupiah juga stabil ya masih di kisaran Rp9.614-an, ini masih bergerak stabil, kecuali kalau tiba-tiba rupiah melemah lebih dalam, saya kira pasti akan berimbas (terhadap inflasi)," tuturnya.

Namun demikian, David tidak menampik jika di tengah bulan atau pasca-tiga pekan berjalan di bulan Oktober akan ada sentimenn negatif yang datang dari dalam negeri memungkinkan mengkoreksi tingkat inflasi. "Tapi sejauh ini inflasi terjaga dan masih akan rendah," tukasnya.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi September 2012 sebesar 0,01%. Inflasi ini adalah yang terkecil sejak 5 tahun terakhir. Untuk inflasi tahun kalender mencapai 3,49%. Sementara secara year on year tercatat sebesar 4,31%. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Harga Bahan Makanan Stabil, Inflasi Oktober Tetap

Dengan url

http://hidupbergayabaru.blogspot.com/2012/10/harga-bahan-makanan-stabil-inflasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Harga Bahan Makanan Stabil, Inflasi Oktober Tetap

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Harga Bahan Makanan Stabil, Inflasi Oktober Tetap

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger